Tabungan keluarga

Tabungan Dana Pensiun, Dana Pendidikan Anak, dan Paket Asuransi Keluarga Part 2

Manfaat tersebut ternyata berlanjut sampai generasi berikutnya. Cara mengatasi resiko kesehatan yang terjadi, Prudential menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Prudential memperkokoh perencanaan keuangan masa depan. Bersama Prudential kita menjadi lebih bijak dalam menjalani hidup. Bersama Prudential kita lebih tenang menghadapi berbagai permasalahan keuangan. Bersama Prudential kita semakin optimis menapaki hari yang cerah.

Mari kita lihat simulasi sederhana berikut ini:

Adalah pak Ali yang berusia 31 tahun.

Contoh pertama adalah saat pak Ali memilih menabung di bank. Bulan pertama dan kedua pak Ali menabung 2 jt/bulan. Bulan ketiga 2 jt. Maka tahun ke-10, total uang yang ditabung sebesar 240 juta plus bunga bank. Akan tetapi dengan cara pak Ali menabung rutin tiap bulan dan tidak diambil-ambil selama 10 tahun. Dan dalam masa menabung tersebut segalanya berjalan sesuai rencana tanpa ada hambatan sama sekali.

Tetapi ada kondisi yang berbeda pada saat pak Ali memilih untuk menabung di bank.

Misalnya: bulan pertama pak Ali menabung 2 juta, bulan kedua menabung 2 juta, bulan ketiga menabung 2 juta. Namun di bulan keempat pak Ali terdiagnosa gagal ginjal, dokter meminta biaya perawatan sebesar 250 juta. Lalu apa yang harus pak Ali lakukan?

Pak Ali bisa mengambil tabungannya di bank yang sudah terkumpul selama 3 bulan sebesar 6 juta.
Masih kurang 244 juta. Pak Ali terpaksa harus menjual assetnya yang sudah terkumpul. Bisa berupa rumah, mobil, dan lain-lain.

Jika biaya tersebut belum tercukupi, maka pak Ali harus berhutang kepada kerabat dan teman-temannya.

Jika belum terselesaikan juga, langkah terakhir Pak Ali harus meminta santunan dan sumbangan dari orang lain.

 

Meskipun Pak Ali bisa menutupi biaya pengobatannya, di balik itu masih menanti permasalahan yang jauh lebih besar. Saat Pak Ali sakit, tentu income beliau pasti menurun karena tidak bekerja selama sakit. Istri dan keluarga masih membutuhkan makan. Anak-anak masih membutuhkan biaya untuk bersekolah dan kebutuhan-kebutuhan yang semakin hari terus meningkat.

Bagaimana? pelik bukan masalahnya? sekarang mari kita lihat apabila Pak Ali menabung di Prudential.

Bulan pertama Pak Ali menabung 2 juta. Bulan kedua 2 juta, bulan ketiga 2 juta. Namun di bulan keempat Pak Ali terdiagnosa gagal ginjal. Dokter atau Rumah Sakit meminta biaya perawatan sebesar 250 juta. Apa yang Pak Ali bisa lakukan? Pak Ali tidak perlu khawatir karena biaya pengobatan tersebut terlunasi oleh Prudential secara cuma-cuma.

Permasalahan saat Pak Ali sakit, seperti istri dan keluarga masih membutuhkan makan, anak-anak masih membutuhkan biaya untuk sekolah, serta kebutuhan yang semakin hari semakin meningkat, kini tidak lagi menjadi sebuah masalah. Karena mulai bulan keempat atau setelah Pak Ali terdiagnosa gagal ginjal, Pak Ali bisa stop menabung.

Karena akan ditabungkan oleh Prudential dan itu sampai Pak Ali berusia 65 tahun. Masalah berikutnya, jika Pak Ali sakit yang memaksa opname maka biaya-biaya kamar, dokter, obat, dan lain-lain seluruhnya tercover oleh Prudential hanya dengan menunjukkan kartu PHS. Tidak hanya sampai disitu saja manfaat yang diberikan oleh Prudential adalah, Apabila Pak Ali meninggal dunia maka uang warisan akan diberikan oleh Prudential sebesar 300 juta.

Menurut Anda, bagaimana dengan rekening Prudential? bagus kan?

Hal yang sama juga berlaku apabila suatu keluarga menabung di Prudential. Bulan pertama masing-masing menabung 2 juta, bulan kedua 2 juta, bulan ketiga 2 juta. Namun, jika di bukan keempat Pak Ali terdiagnosa gagal ginjal, dan memerlukan biaya perawatan 250 juta, Pak Ali tidak perlu khawatir karena biaya pengobatan tersebut terlunasi oleh Prudential secara cuma-cuma dan mulai bulan keempat atau setelah Pak Ali terdiagnosa gagal ginjal, Pak Ali beserta keluarga stop menabung.

 

Tabungan keluarga

Karena masing-masing anggota keluarga akan ditabungkan oleh Prudential dan itu sampai Pak Ali berusia 65 tahun. Manfaat berikutnya, jika salah satu anggota keluarga sakit sampai memaksa opname, maka biaya-biaya kamar, dokter, obat, dan lain-lain seluruhnya tercover oleh Prudential hanya dengan menunjukkan kartu PHS.

Hal yang sama juga berlaku apabila ada salah satu anggota keluarga meninggal dunia. Maka uang warisan akan diberikan oleh Prudential sebesar 300 juta.

Mengingat banyaknya manfaat yang diberikan Prudential perlu kita ketahui Apa saja jenis penyakit kritis yang tercover oleh Prudential. Ada sekitar 34 daftar penyakit kritis yang tercover.

Baca juga: Daftar 34 Macam Penyakit Kritis

Prudential tidak hanya penting. Prudential sudah menjadi kebutuhan. Mulailah sekarang dari anda, Untuk orang-orang tercinta. Jadikan Prudential sebagai prioritas.

Tabungan Dana Pensiun

Tabungan Dana Pensiun, Dana Pendidikan Anak, dan Paket Asuransi Keluarga Part 1

Layaknya ombak besar tanpa terkecuali. Sekarang dan untuk masa depan ancaman akan selalu ada bagi kesehatan manusia. Buruknya perhatian pemerintah akan jaminan kesehatan dan minimnya kesadaran kita dalam berasuransi memberikan ancaman tersebut terasa semakin nyata.

Ketika jaring pengaman terputus tidak ada seorang pun berada pada posisi yang tepat untuk menyelamatkan kita tetapi ada harapan dan harapan tersebut sangat dekat bagi anda dan saya. Asuransi kesehatan Prudential adalah sebuah solusi untuk masalah yang sangat krusial ini. Untuk melihat sejauh mana masalah yang ada, kita harus memahami terlebih dahulu tentang itu dan segala kemungkinannya.

Kita perhatikan hanya ada dua hal dalam hidup ini yakni kepastian dan ketidakpastian. Adapun hal yang pasti terjadi, kita hidup maka kita pasti akan mati. Tidak selamanya kita sehat, kita pun pasti pernah mengalami sakit dalam hidup ini. Kita pasti memiliki rejeki termasuk jodoh itu adalah sebuah kepastian.

Paket Asuransi Keluarga

Langkah apa saja yang tidak pasti, kapan dimana dan bagaimana kita mati. Apakah sakit yang pernah dan akan kita alami bukan sakit yang biasa saja tetapi menengah atau bahkan kritis. Mungkin sakit kita tergolong biasa saja? sedangkan itu akan menimpa Siapakah? kita tidak akan tahu sebelumnya. Jodohpun kita tidak tahu akan bertemu dengan siapa dan dimana.

Badan survei nasional LIMRA telah mensurvey 100 orang pada saat mereka berusia 35 tahun – 40 tahun. Kemudian pada saat mereka berusia 65 tahun.Apa yang terjadi hasilnya sangat mencengangkan, hanya 1% saja orang yang bisa pensiun kaya raya dan hanya 4% saja orang yang pensiun berkecukupan. Sisanya masih harus bekerja keras.

Ada yang baik ada yang terpaksa hidup bergantung pada anak mereka dan ada pula yang hidupnya diberi sumbangan orang lain. Lalu bagaimana dengan kita? hasil survey tersebut menunjukkan masih ada masalah yang terdapat pada perencanaan keuangan kita.

Pada saat kita mulai mengumpulkan tabungan dan merencanakan untuk bertemu dengan calon pasangan dan menikah, berkeluarga, menyediakan dana pendidikan anak dan mempersiapkan biaya hidup dengan cermat, berbagai kemungkinan resiko bisa saja terjadi seperti sakit kritis.

Mungkin juga mengalami kecelakaan fatal hingga kemungkinan datangnya kematian, dan ketika resiko tersebut benar-benar terjadi maka hanya ada kebingungan penyesalan dan keputusasaan dalam hidup. Di sinilah peran Prudential menjadi sangat penting. Prudential membantu untuk memperkuat perencanaan hidup anda, berawal dari mendengar segala kebutuhan serta permasalah hidup mereka.

Gambaran Keadaan Kita di Masa Depan berikut Solusi Dengan Paket Asuransi Keluarga

Mencoba memahami dan memberikan solusi untuk merencanakan keuangan seseorang ada baiknya kita mengklasifikasikan dari besar kecilnya penghasilan mereka.

  • Yang pertama adalah seseorang yang memiliki penghasilan kurang dari 5 juta perbulan,
  • Kedua adalah seseorang yang memiliki penghasilan antara 5 juta sampai 15 juta perbulan,
  • Yang ketiga adalah seseorang yang memiliki penghasilan lebih dari 15 juta perbulan.

Tabungan Dana Pensiun

Untuk orang yang pertama, mereka khawatir Bagaimana menutup bagian-bagian yang sudah ada.

Untuk yang kedua yang mereka khawatirkan adalah bagaimana dengan kondisi keuangan untuk saat ini dan dimasa yang akan datang. Apakah sudah mencukupi atau belum.

Untuk orang yang ketiga, yang mereka khawatirkan adalah bagaimana dengan keamanan aset dan keuangan yang sudah mereka miliki. Lantas bagaimana jika ketiga orang tersebut dihadapkan pada resiko hidup yang ada yaitu jika terdiagnosa penyakit kritis, mengalami cacat total, atau kelumpuhan bahkan kematian datang menghampiri?

Baca juga: Ilustrasi Asuransi Prudential dan Investasi

  • Untuk orang pertama mereka bisa benar-benar kehabisan uang mereka dan menjadi gelandangan, jadi terlantar dan kondisi kehidupan istrinya mengenaskan.
  • Untuk orang yang kedua mereka akan mengeruk dalam-dalam tabungan mereka sampai menjual aset yang sudah mereka simpan dan istrinyapun menjadi pekerja, bukan lagi menjadi ibu rumah tangga.
  • Untuk orang yang ketiga mereka selalu takut untuk kehilangan uang mereka, karena tidak seorangpun ingin kehilangan uang. Dan masalah ini tentu menjadi konflik yang serius dalam rumah tangga. Maka dari itu seseorang membutuhkan asuransi yang bisa menjamin kesehatan mereka.

Mereka juga membutuhkan asuransi yang disiplin dan bisa membantu mengontrol keuangan mereka. Apakah ada asuransi yang bisa mencover semua kebutuhan tersebut? Prudential adalah jawabannya dan telah banyak orang merasakan manfaatnya. Berlanjut ke Paket Asuransi Keluarga Part 2

Asuransi Kesehatan Prudential

Lindungi Anggota Keluarga Anda Dengan Asuransi Kesehatan Prudential

Keluarga merupakan aset yang tidak ternilai harganya. Maka dari itu aset ini harus dilindungi dari ketidakpastian keadaan di masa yang akan datang.

Ketidakpastian keadaan kesehatan mereka, maupun ketidakpastian penghasilan mereka jika suatu saat ternyata ada salah satu di antara mereka yang terkena penyakit kritis sehingga tidak bisa lagi mencari penghasilan untuk kehidupan sehari-hari.

Jika kesehatan kita terganggu, pastikan hidup Anda dan keluarga tetap terjaga. Tentunya kita tidak ingin hal seperti itu terjadi dalam keluarga kita, maka tidak ada salahnya kita mencari solusi terbaik untuk menciptakan perencanaan keuangan dan perlindungan bagi keluarga kita.

asuransi kesehatan paket keluarga prudential

Kebanyakan orang akan mengalami masalah keuangan jika salah satu anggota keluarga mereka terkena penyakit seperti jantung, kanker, tumor dan stroke. Jika tabungannya tidak cukup bahkan untuk memenuhi biaya pengobatan, biasanya solusi yang mereka lakukan adalah menjual properti atau aset atau meminjam kepada teman dan kerabat.

 

Asuransi Kesehatan Keluarga Dari Prudential

Jika anda seorang suami, anggota keluarga inti terdiri dari istri dan anak-anak. Nah asuransi apakah yang tepat bagi mereka? mari kita simak ulasan berikut ini.

Bagi istri, contoh problem yang akan dihadapi di masa depan adalah suami tutup usia terlebih dahulu. Sedangkan ia harus menghidupi diri sendiri beserta anak-anaknya jika belum mandiri.

Kalau kasusnya seperti ini, persiapan yang bisa dilakukan adalah si suami membuka polis asuransi di Prudential dengan mengambil manfaat dasar yang besar, ditambah dengan manfaat tambahan lainnya. Sehingga jika ia tutup usia lebih dahulu daripada istri, uang pertanggungan yang ia dapat bisa untuk modal usaha dan kehidupan sehari-hari istri beserta anak-anaknya.

Suami yang baik, juga harus membukakan polis untuk istrinya sendiri dengan asumsi jika ternyata suaminya sebagai tertanggung tambahan meninggal lebih dulu, istri mendapat premi gratis dari prudential sampai masa kontrak 10 tahun selesai.

Sedangkan manfaat asuransi kesehatannya tentu bisa dipakai oleh istri sampai kelak di kemudian hari seperti rawat inap di rumah sakit, terkena salah satu dari 34 macam penyakit kritis, bahkan jika istri tutup usia pun, masih menerima santunan yang akan diterima oleh anak-anaknya.

Asuransi Keluarga Dari Prudential ImageKalau asuransi untuk anak-anaknya bagaimana? jika mereka masih kecil, di bawah usia 5 tahun dan belum masuk sekolah dasar ada baiknya diikutkan asuransi pendidikan dari Prudential sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada orang tuanya, masih ada jaminan mereka tetap bisa sekolah bahkan sampai kuliah.

Jika mereka sudah dewasa tetapi belum bekerja ada baiknya dibukakan polis asuransi Prudential yang lebih kepada asuransi kesehatannya. Agar manfaatnya maksimal karena yang namanya sakit tidak ada yang tahu kapan terjadinya.

Lain ceritanya kalau mereka sudah bekerja tetapi belum menikah, kita sebagai orang tua selayaknya memberikan pengarahan kepada mereka agar membuka polis asuransi sendiri karena mereka sudah mempunyai penghasilan sendiri.

Sebelum mereka kelak disibukkan oleh urusan keuangan keluarga, lebih baik mumpung masih bujangan mereka menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk menabung di asuransi Prudential yang lebih cenderung ke tabungan pensiun dan asuransi Pru Hospital untuk berjaga-jaga jika sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

 

Fahami Terlebih Dahulu Tentang Asuransi Keluarga Dari Prudential

Kesimpulan dari uraian di atas adalah, jika kita ingin membukakan polis asuransi Prudential untuk anggota keluarga kita termasuk kita sendiri sebagai kepala keluarga, harus di urai dari kasus per kasus sesuai kebutuhan satu orang dan bagaimana status orang tersebut.

Asuransi Kesehatan Prudential

Berapa usianya, sudah menikah atau belum, dan lain-lain. Sehingga pembagian premi yang disetor tiap bulan dapat seimbang porsinya antara asuransi dasar dan tambahan maupun untuk porsi investasi atau tabungannya.

Semua dapat dihitung secara tepat oleh seorang agen asuransi yang proffesional, sehingga ke depannya manfaat yang akan diambil benar-benar bermanfaat bagi nasabah sehingga nasabah tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. amin.

asuransi kesehatan keluarga

Menurut Anda, Bagaimana Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Keluarga Anda?

Di era sekarang ini, Asuransi kesehatan adalah produk asuransi pilihan banyak orang. Dengan pola hidup modern yang terkadang kurang memperhatikan faktor kesehatan, yang dipadukan dengan bahan makanan yang banyak beredar di pasaran dengan kandungan pestisida kimia semakin lama akan menumpuk residunya dalam badan seseorang. Hal inilah yang di kemudian hari banyak orang yang terkena sakit kritis seperti jantung, stroke, diabetes, dan sakit kritis lainnya.

Kenapa kok produk asuransi kesehatan banyak dicari? ya, karena resiko seseorang untuk sakit di era modern ini lebih besar daripada orang jaman dahulu. Bukankah sering kita melihat kakek nenek kita yang sudah berusia 80 tahun ke atas masih kelihatan segar bugar. Hal ini karena di jaman dahulu, pola hidup seseorang belum separah di masa kini.

 

asuransi kesehatan keluarga

Dahulu bahan makanan saja masih sangat alami dengan pupuk organik, Lalu kesibukan orang jaman dahulu yang boleh dibilang belum berkecukupan, ternyata memacu seseorang untuk bekerja keras dan secara tidak sadar fisik mereka akan mengeluarkan energi sehingga kesehatan mereka selalu terjaga karena kadar gula darah yang normal.

Kita bandingkan dengan orang di masa kini, mereka makan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, makanan yang mengandung bahan pengawet, bahan kimia, dan diperparah dengan pola hidup yang jarang bergerak atau berolah raga. Hal ini akan memicu lemak menumpuk dalam tubuh. Itulah sekilas penyebab kenapa seseorang di masa kini dan yang akan datang berpeluang untuk sakit.

Ilustrasi Asuransi Prudential Dan Investasi image

Nah, kita akan membahas bagaimana memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kita dan keluarga. PT Prudential Indonesia mengerti dan mendengar apa yang diinginkan calon nasabahnya.

Oleh karena itu untuk produk asuransi tambahan (rider kesehatan), Prudential memiliki 2 sistem klaim rawat inap yaitu sistem Cash yang memakai kartu PHS dan sistem Reimbursement yaitu nasabah membayar biaya pengobatannya terlebih dahulu, setelah itu prudential akan mengganti uang nasabah sesuai hak nasabah.

Asuransi bukan produk yang umum dan biasa seperti gadget, tanpa perlu baca manual book, semalam pakai langsung bisa. Asuransi adalah produk yang fitur dan ketentuannya kompleks.

Dibutuhkan pemahaman dan kejelian ketika memilih asuransi kesehatan. Supaya dipilih produk terbaik, yang paling sesuai dengan kebutuhan peserta. Bukan karena desakan agen atau bujukan teman.

Berikut Ini Tips Untuk Memilih Asuransi Kesehatan yang Terbaik Untuk Keluarga Anda

Untuk bisa memilih dan mengevaluasi dengan benar, peserta harus tahu dulu bagaimana cara memilih asuransi kesehatan terbaik. Ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Semoga bisa membantu.

1. Memakai Sistem Cashless

Cashless adalah sistem penggantian klaim yang menggunakan kartu. Dengan menunjukkan kartu cashless, peserta asuransi kesehatan tidak perlu menalangi dulu pembayaran tagihan rumah sakit ketika dirawat inap.

 

kartu phs

Cashless ini berbeda dengan sistem reimbursement. Dengan reimbursement, peserta harus membayar dulu tagihan dan kemudian mengajukan penggantian ke asuransi.

Banyak pengalaman menunjukkan proses reimbursement tidak praktis. Karena itu, sistem cashless lebih dianjurkan. Cari asuransi kesehatan yang menggunakan cashless. Jika asuransinya hanya menyediakan sistem reimbursement, pastikan anda paham prosesnya saat nanti harus mengklaim tagihan rumah sakit.

2. Dapat Diterima Di Semua Rumah Sakit

Pastikan rumah sakit apa saja yang bisa menerima klaim dari asuransi kesehatan tersebut. Cari yang asuransi kesehatan yang bisa menerima klaim dari semua rumah sakit di dalam maupun di  luar negeri. Biasanya pihak asuransi kesehatan sudah memiliki daftar rumah sakit yang kerjasama dengan mereka. Semakin banyak yang kerjasama semakin baik.

Karena sistem cashless, yang diuraikan dalam poin 1 sebelumnya, hanya bisa digunakan di rumah sakit yang sudah kerjasama dengan pihak asuransi. Sistem cashless harus diikuti dengan jumlah rumah sakit kerjasama yang banyak supaya manfaatnya optimal.

Untuk prudential sendiri telah bekerja sama dengan rumah sakit yang tersebar di seluruh indonesia. Walaupun belum semua rumah sakit bekerja sama, namun Kartu PHS tetap bisa digunakan dengan cara nasabah membayar dahulu biaya pengobatannya lalu diklaimkan ke prudential untuk memperoleh penggantian biaya.

3. Cara Penggantian Klaim

Secara umum, ada dua jenis penggantian, yaitu:

Pertama, penggantian berdasarkan tagihan biaya perawatan di rumah sakit. Asuransi kesehatan menetapkan plafon terpisah untuk biaya kamar, biaya dokter, biaya obat, biaya lab, biaya operasi, biaya spesialis dan lain-lain. Dengan skema ini, peserta tidak akan mengalami overplafon (yang diganti lebih kecil dari tagihan) sehingga harus menombok dari uang sendiri.

Kedua, santunan harian rawat inap (cash plan). Jenis ini tidak melihat berapa tagihan dari rumah sakit. Ketika sakit, jumlah penggantian dari asuransi jumlahnya tetap, yaitu sebesar santunan harian dikalikan jumlah hari dirawat. Risikonya adalah peserta harus merogoh kocek sendiri jika tagihannya besar.

Kedua jenis ini punya keunggulan dan kelemahan. Jenis kedua biasanya preminya relatif murah dibandingkan yang pertama. Yang paling penting, saat ada penawaran proposal  asuransi kesehatan, Anda paham jenis penggantian mana yang ditawarkan. Sehingga bisa mengambil keputusan dengan benar.

Karena Prudential memiliki kedua jenis produk tersebut, maka saat agen asuransi menyampaikan presentasinya kepada calon nasabah, maka sesuaikan dengan kebutuhan anda mana yang terbaik baru dibuatkan ilustrasi yang sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.

4. Syarat Rawat Inap

Perhatikan syarat rawat inap yang diterapkan oleh pihak asuransi. Detilnya lihat di polis atau tanyakan ke agen ketika mengajukan proposal ke Anda.

Banyak yang berpikir bahwa setiap rawat inap maka asuransi kesehatan pasti akan menggantinya. Betul tapi ada syarat-syaratnya. Syarat-syarat tersebut yang perlu dicari tahu karena bisa berbeda-beda antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain.

Yang perlu ditanyakan tentang ketentuan asuransi kesehatan adalah sebagai berikut

Rawat inap harus dilakukan di rumah sakit. Jika rawat inap di klinik, pihak asuransi tidak akan mengganti. Pastikan dengan pihak asuransi, apa yang dimaksud rumah sakit.
Berapa lama rawat inap yang disyaratkan supaya bisa klaim ke asuransi eksehatan. Ada yang menetapkan 1 hari rawat inap sudah bisa diklaim, tapi ada yang mengharuskan minimal 2 hari rawat inap. Ada yang hanya di UGD (tidak perlu masuk kamar dulu) selama minimal beberapa jam, sudah bisa diklaim, ada yang tidak.

 

asuransi kesehatan terbaik

 

Kesimpulan:

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang cukup kompleks karena banyak ketentuan serta disclaimer-nya.  Sayangnya, banyak yang tidak mau baca polis dan malas belajar memahami produk asuransi pilihannya. Akibatnya, pilihan kerap kurang optimal (premi mahal, manfaat kecil dan lain-lain), yang berujung komplain sia-sia ketika klaim rawat inap tidak diganti sesuai harapan.

Calon peserta seharusnya memahami dan mempelajarinya dengan hati-hati. Jika memungkinkan banyak membaca referensi supaya mendapatkan pilihan asuransi terbaik.Sumber

 

Sesuai penjelasan di atas, sangat perlu bagi anda untuk teliti sebelum membeli polis asuransi kesehatan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan resiko anda. Jangan sampai terjadi, setelah anda putuskan untuk ikut suatu program asuransi ternyata di kemudian hari anda kecewa karena ketentuan dan hak anda tidak sesuai dengan yang anda inginkan dikarenakan anda teledor tidak memperhatikan penjelasan agen asuransi yang dahulu memprospek anda.

Tanyakan hal-hal kecil sedetail mungkin sehingga anda benar-benar mengerti manfaat apa saja yang didapatkan dan ketentuan sampai usia berapa dan kondisi seperti apa, pihak asuransi akan melindungi anda. Ke depannya anda akan merasa sangat puas dan terbantu dengan program asuransi kesehatan ini di saat anda membutuhkannya.

Bagaimana anda mengetahui manfaat apa saja yang akan anda dapatkan jika anda berkeinginan bergabung dengan Prudential?

Silahkan kunjungi halaman ini untuk memasukkan data-data anda dan secepatnya anda akan mengetahui manfaat asuransi kesehatan apa saja yang akan anda dapatkan.

premi asuransi prudential syariah

Produk Asuransi Prudential Syariah

Pada tulisan kali ini kita akan membicarakan tentang definisi dan manfaat produk asuransi prudential syariah.

Selama ini, produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi di indonesia, masih  merupakan produk konvensional apabila dilihat dari praktek ekonomi dan transaksinya sehingga masih jauh dari hukum syariah islam itu sendiri karena produk konvensional tersebut sebenarnya diadopsi dari sistem keuangan non islam.

 

Produk Asuransi Prudential Syariah

PT prudential indonesia menganggap sangat perlu untuk meluncurkan produk asuransi syariah karena dikaitkan dengan posisi indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, yang tentu produk asuransinya harus sesuai dengan kaidah-kaidah di dalam hukum islam itu sendiri.

Pru syariah diluncurkan pada tanggal 17 september 2007 yang lalu di JIExpo, jakarta. Untuk pru syariah, pengelolaan dana oleh Prudential Fund Management Berhand.

Definisi produk asuransi prudential syariah

“Asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk asset dan/atau Tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah”

Jadi yang membedakan antara produk asuransi syariah dan  konvensional adalah akadnya.

Apabila produk konvensional, dana yang disetor oleh nasabah diambil alih oleh perusahaan dan resiko nasabah akan ditanggung oleh perusahaan. Inilah yang tidak dibolehkan dalam islam karena mengandung Gharar yaitu ketidakpastian kapan resiko yang dialami nasabah akan terjadi.

Yang kedua dalam produk konvensional mengandung maisir yaitu judi atau untung-untungan, penjelasannya adalah karena resiko yang akan dialami nasabah tidak pasti kapan datangnya maka bisa menimbulkan kerugian di satu pihak dan keuntungan di lain pihak.

Contohnya jika nasabah baru membayar premi satu bulan dan tutup usia, maka perusahaan berkewajiban membayarkan uang santunan, tetapi bila nasabah berusia panjang maka bisa saja jumlah premi yang di bayarkan melebihi apa yang akan didapatnya kelak.

 

manfaat asuransi prudential syariah

Yang ketiga dalam produk konvensional mengandung riba, karena portofolio dalam produk tersebut dana diinvestasikan ke dalam saham yang mungkin saja produknya diharamkan dalam islam seperti saham rokok, minuman keras, dll. Lalu di sistem perbankan di investasikan ke dalam deposito bank konvensional.

Nah, dalam produk asuransi prudential syariah ketiga unsur yang disebutkan di atas hilang. Hal ini karena akad dari produk asuransi syariah adalah tolong menolong sesama anggota.

Jadi dana yang disetor nasabah tidak diambil alih perusahaan. Dana iuran tabarru’ akan dikelola perusahaan dengan imbalan dana pengelolaan beberapa persen, dan dalam hal ini dibolehkan dalam islam.

Dana anggotalah yang akan digunakan untuk menyantuni anggota yang terkena musibah. Maka dari itu sisa dana yang harus disisakan dalam rekening polis kelak minimal 5 juta untuk menjaga ketersediaan dana tabarru’.

 

Asuransi yang Dibenarkan dalam Syariah

Suatu bentuk asuransi akan diperbolehkan secara syariah jika tidak menyimpang dari prinsip-prinsip dan aturan-aturan syariat Islam. Untuk itu harus terpenuhi beberapa syarat prinsip, antara lain:

  • Sistem asuransi itu harus dibangun atas dasar ta’awun (saling bantu), tolong menolong, saling menjamin, tidak berorentasi bisnis atau keuntungan materi semata. Allah SWT berfirman, “Dan saling tolong menolonglah dalam kebaikan dan ketaqwaan dan jangan saling tolong menolong dalam dosa dan permusuhan.”
  • Sistem asuransi itu tidak boleh bersifat mu’awadhoh atau akad jual beli yang menguntungkan. Tidak boleh menjadi sebuah perusahaan yang berorientasi kepada keuntungan material. Yang dbolehkan hanyanya sebuah kerja sosial yang bersifat tabarru’ (sumbangan). Dan tabarru’ itu sama dengan hibah (pemberian), oleh karena itu haram hukumnya ditarik kembali. Kalau terjadi peristiwa, maka diselesaikan menurut syariat.
  • Setiap anggota yang menyetor uangnya menurut jumlah yang telah ditentukan, harus disertai dengan niat membantu demi menegakkan prinsip ukhuwah. Kemudian dari uang yang terkumpul itu diambillah sejumlah uang guna membantu orang yang sangat memerlukan.
  • Tidak dibenarkan seseorang menyetorkan sejumlah kecil uangnya dengan tujuan supaya ia mendapat imbalan yang berlipat bila terkena suatu musibah. Akan tetepi ia diberi uang jamaah sebagai ganti atas kerugian itu menurut izin yang diberikan oleh jamaah.
  • Apabila uang itu akan dikembangkan, maka harus diinvestasikan pada lembaga keuangan non ribawi. Tidak boleh dengan menggunakan sistem bunga, melainkan dengan sistem bagi hasil (mudharabah atau murabahah).

Dan untuk terpenuhinya syarat itu, dikembangkanlah asuransi syariah. Sebab pada dasarnya di dalam akad asuransi itu memang ada manfaat yang baik. Namun ada juga transaksi yang haram.

Asuransi syariah adalah sebuah upaya untuk mendapatkan manfaat asuransi tapi dengan membuang semua sisi yang haram.

 

premi asuransi prudential syariah

 

Dasar hukum islam dikeluarkannya produk asuransi prudential syariah

Dasar hukum islam dikeluarkannya produk asuransi syariah adalah :

  • Al’quran surat Al Baqarah ayat 240,
    “Dan orang orang yang akan meninggal dunia diantaramu dan meninggalkan isteri, hendaklah berwasiat untuk isteri-isterinya, diberi nafkah hingga setahun lamanya dengan tidak disuruh pindah…”
  • Al’quran surat An Nisa ayat 9,
    “Dan hendaklah takut kepada Alloh orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka…”
  • Al’quran surat Yusuf ayat 49,
    Nabi Yusuf as, dicontohkan dalam Al quran membuatkan sistem proteksi menghadapi kemungkinan yang buruk di masa depan.

Produk syariah ini sistemnya diawasi oleh Badan Syariah Nasional dan Majelis Ulama Indonesia.

Produk investasi yang dapat dipilih adalah :

  1. Prulink syariah Rupiah Equity Fund    (Investasi saham resiko tinggi)
  2. Prulink syariah Managed Fund     (Investasi seimbang resiko sedang)
  3. Prulink syariah Rupiah Fixed Income Fund    (Investasi obligasi resiko sedang)

Manfaat asuransi prudential syariah seperti manfaat sakit kritis, kecelakaan, rawat inap, dan lain-lain, sama dengan manfaat yang bisa diambil dalam asuransi prudential syariah.

Untuk memilih dan memperhitungkan hasil investasi syariah, anda bisa mengunjungi halaman ini.

Perkembangan investasi syariah akhir akhir ini selalu meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat tentang sistem syariah. Ke depannya diperkirakan sistem syariah terutama asuransi syariah akan menjadi produk unggulan yang semakin diminati oleh masyarakat, karena selain investasinya di saham non riba sistem asuransinyapun sudah sesuai dengan syariat islam.

Sebagai muslim, kitapun akan merasa aman dan tentram karena produk asuransi prudential syariah yang akan kita ikuti telah bebas dari Gharar, Maisir, dan Riba sekaligus kita memikirkan kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat kelak.